DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU
  • Kamis, 25 Apr 2024
22 Des
Selasa, 22 Desember 2020 | Oleh Kabid Promosi dalam Hukum dan Perizinan

HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT TRIWULAN III TAHUN 2020

Potret kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh Pemerintah saat ini secara umum belum sepenuhnya sesuai dengan harapan masyarakat. Hal tersebut tampak dari masih seringnya muncul keluhan masyarakat terhadap pelayanan publik. Oleh karena itu maka keterlibatan masyarakat dalam proses penyelenggaraan pelayanan mutlak diperlukan guna  menciptakan pelayanan yang berbasis pada kebutuhan masyarakat seiring dengan paradigma new public service dimana masyarakat selaku warga negara adalah sebagai pemilik negara. Hal tersebut selaras dengan peraturan yang dikeluarkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara bahwa masyarakat diberikan peluang untuk berpartisipasi memberikan koreksi terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh orgaisasi publik melalui Survey Kepuasan Masyarakat (SKM). Kepuasan masyarakat juga dapat dijadikan acuan bagi berhasil atau tidaknya pelaksanaan program yang dilaksanakan pada suatu lembaga layanan publik. 

Sebanyak 78 responden mengikuti Survey Kepuasan Masyarakat Periode Triwulan III Tahun 2020 yang dilaksanakan oleh DPMPTSP Kotawaringin Barat dengan hasil nilai 90,29. Menilik nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa secara umum kualitas pelayanan pada DPMPTSP Kotawaringin Barat adalah dinilai Sangat Baik oleh pengguna layanannya. Berbagai macam faktor eksternal maupun internal juga mengambil peran dalam munculnya nilai tersebut. 

DPMPTSP Kotawaringin Barat terus berbenah dan meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat sehingga kedepan hasil Survey Kepuasan Masyarakat dapat terus meningkat lebih baik lagi.