DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU
  • Kamis, 28 Sep 2023
28 Okt
Jumat, 28 Oktober 2022 | Oleh Kabid Promosi dalam Seputar Kobar

Resmi Diluncurkan, Dinas PMPTSP Kobar Siap Ikut Serta dalam Ajang AOE 2023

MMC Kobar - Asosiasi Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) resmi meluncurkan Apkasi Otonomi Expo (AOE ) 2023 dengan tema “Meningkatkan Jejaring Pasar Global untuk Daerah yang Lebih Kuat “ pada Selasa (25/10).

Bertempat di Hotel Alila Kota Solo, peluncuran AOE 2023 ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Dewan Pengurus Apkasi beserta bupati dari beberapa wilayah Kabupaten di Indonesia.

Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang menyampaikan, setelah sukses memfasilitasi daerah dalam mempromosikan komoditi perdagangan, pariwisata dan investasi melalui AOE 2022 pada bulan Juli lalu dengan capaian transaksi yang cukup signifikan, Apkasi akan menggelar kembali AOE 2023.

“Pada kegiatan AOE 2023, selain akan dilaksanakan pameran investasi tapi juga akan digelar serangkaian acara yang lebih transaksional yang diperlukan oleh peserta dalam rangka meningkatkan perdagangan komoditi dan investasi unggulan daerah,” kata Sarman Simanjorang.

Lebih lanjut Sarman menjelaskan, AOE 2023 rencananya akan dibuka secara langsung oleh Presiden Jokowi dan mengundang lebih banyak lagi para buyer dan investor potensial dari dalam dan luar negeri dan seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Apkasi Otonomi Expo 2023 akan didukung oleh berbagai kementerian terkait, seperti Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, Kementerian BUMN, Kementerian Perikanan dan Kelautan, Kementerian Pertanian, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Koperasi dan UKM,” ungkap Sarman.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kobar melalui Kepala Bidang Promosi Penanaman Modal Rosita Wati, usai mengikuti kegiatan Peluncuran AOE 2023 melalui live streaming kanal Youtube Apkasi menuturkan, tahun 2023 pihaknya akan kembali mengikuti AOE 2023 yang rencana akan dilaksanakan pada tanggal 19-21 Juli 2023 mendatang, bertempat di Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta.

“Pada pameran tersebut kita akan kembali mempromosikan komoditas unggulan daerah, produk UMKM, potensi dan peluang investasi di Kobar dari berbagai sektor,” ungkapnya.

Rosita menambahkan, selain itu setiap kabupaten dapat mengikuti beberapa agenda dalam event tersebut, antara lain executif dialogue, business matching forum, workshop, Pemilihan Putri Otonomi Indonesia 2023, dan acara lainnya yang merupakan serangkaian kegiatan dalam AOE 2023.

Menurutnya, keikutsertaan Dinas PMPTSP melalui Bidang Promosi Penanaman Modal dalam ajang AOE 2023 merupakan salah satu strategi dalam memperkenalkan potensi dan peluang investasi ke tingkat nasional.

“Harapannya, melalui ajang tersebut dapat meningkatkan minat calon investor untuk menanamkan investasinya ke daerah kita melalui komoditi unggulan dan potensi investasi yang kami kenalkan dalam ajang AOE 2023 mendatang,” tutup Rosita. (rs/prahumdpmptsp)